Kamis, 13 Januari 2011

Tugas UAS IMK

A
1.Downloading adalah proses di mana kita untuk menerima data dalam berbentuk berkas atau file dari sebuah situs web,mail, atau lainya. File yang di download pun berbagai macam banyaknya seperti video, lagu dll.
Contoh :
Download mp3 = www.4shared.com
Download video= www.indowebster.com
2. URL singkatan dari Uniform Resource Locator (diterjemahkan: Pelokasi Sumber  Daya Seragam), adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet. URL menunjukkan sumber daya Internet atau alamat sebuah halaman web (homepage) yaitu halaman suatu dokumen atau program yang ingin ditampilkan atau digunakan. Secara umum perlu memasukkan tiga informasi untuk menuju ke alamat tertentu, yaitu Protokol, Alamat Server, dan Path File.
 

3. Pranala, pautan atau link (juga hyperlink) adalah sebuah acuan dalam dokumen hiperteks (hypertext) ke dokumen yang lain atau sumber lain. Seperti halnya suatu kutipan di dalam literatur. Dikombinasikan dengan sebuah jaringan data dan sesuai dengan protokol akses, sebuah komputer dapat diminta untuk memperoleh sumber yang direferensikan.
Ciri – Ciri Sebuah Link
1.     Untuk link yang berupa text (huruf atau angka) biasanya memiliki warna yang berbeda dengan text pada umumnya.
2.     Untuk link global (text dan gambar), Biasanya muncul icon tangan “menunjuk” setiap kali cursor diarahkan pada link tersebut.
3.     Untuk link global (text dan gambar), Biasanya terdapat alamat / tujuan dari link tersebut yang berada di pojok kiri bawah browser setiap kali cursor diarahkan.
4. Subject directory adalah sarana untuk mencari informasi di Web, Anda langsung tahu alamat Web untuk situs tertentu, atau mencari topik yang menarik.Saat mencari berdasarkan topik, sejumlah besar halaman akan sering diambil dan membuat sulit untuk mengidentifikasi sumber daya yang relevan. Perihal direktori membantu untuk meringankan masalah.
5. Search engine adalah program komputer yang dirancang untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam komputer, misalnya dalam sebuah server umum di web (WWW) atau dalam komputer sendiri. Mesin pencari memungkinkan kita untuk meminta content media dengan kriteria yang spesifik (biasanya yang berisi kata atau frasa yang kita tentukan) dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut. Mesin pencari biasanya menggunakan indeks (yang sudah dibuat sebelumnya dan dimutakhirkan secara teratur) untuk mencari file setelah pengguna memasukkan kriteria pencarian.

6. Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu ([tool]) dan koneksi ([link]) sehingga pengguna dapat ber-([navigasi]), berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.
Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sens rialistis.
7. Tumbnail adalah gambar dari versi kecil menjadi besar agar gambar tersebut bisa di lihat lebih besar dan mempermudahnya seseorang .
8. Animation adalah sebuah gambar tetapi gambar tersebut bergerak dan seolah-olah seperti nyata.
9. Audio adalah suara baik musik atau suara apapun yang terdapat pada computer kita .
File suara tersebut terdapat beberapa macam yaitu mp3, wav, midi

10. Plugin atau plug-in adalah sebuah program komputer yang menambah fungsionalitas sebuah program utama (suatu penjelajah web atau klien surat-e, sebagai contoh). Program utama biasanya memberikan semacam antarmuka (interface) agar plug-in dapat berinteraksi dengan program utama.

B.
1. Portal internet adalah situs web yang menawarkan berbagai macam informasi. Salah satu contohnya adalah layanan yang disediakan oleh American Online, yang beralamat di http://www.aol.com/, dimana di situs ini tersedia beraneka ragam informasi, seperti: belanja secara online (e-Commerce), breaking news, dll.
2. News adalah suatu website yang berisi tentang berita terkini setipa hari dan setiap detik dan selalu update . contohnya adalah www.kompas.com ,dan www.metronews.com.

3. Informational adalah suatu hal yang bersangkutan dengan informasi-informasi.

4. Marketing adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.Marketing dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia.

5. Entertainment adalah hiburan dalam kehidupan sehari-hari dan dinikmati oleh semua baik dari berbagai media yang ada.

6. Advocacy adalah suatu gagasan atau pendapat seseorang sehingga dapat di terima oleh orang banyak .

7. Blog adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
 
8. Wiki adalah sebuah web pencarian dan penggunanya bisa mengubah dan menambahkan pada situs tersebut .
9. Content aggregator adalah individu atau organisasi yang mengumpulkan konten web (dan / atau kadang-kadang aplikasi) dari berbagai sumber online untuk digunakan kembali atau dijual kembali. Ada dua jenis konten agregator: (1) orang-orang yang hanya mengumpulkan materi dari berbagai sumber untuk situs Web mereka, dan (2) orang-orang yang mengumpulkan dan mendistribusikan konten agar sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Contoh : wordpress

10. Personal adalah segala sesuatu yang dipakai sendiri, dinikmati sendiri dan juga di gunakan sendiri hanya untuk kita sendiri dan bersifat private personal .
Contoh : Personal Blog
2.
a. Keyboard QWERTY 

Sesuai dengan namanya QWERTY yang merupakan deretan huruf pada barisan paling atas pada keyboard. Keyboard ini diproduksi oleh Perusahaan Remington pada tahun 1873. Keyboard QWERTY merupakan pengembangan dari mesin ketik. Sampai saat ini, keyboard jenis Qwerty tetap digunakan. Kalau diperhatikan tuts huruf-hurufnya, Keyboard Qwerty dapat dikatakan tidak memperhatikan masalah ergonomic dan memungkinkan kelelahan terhadap tubuh manusia.
Keyboard QWERTY belum memberikan beban yang sama untuk jari- jari tangan kiri dan tangan kanan. Untuk orang yang biasa bekerja dengan tangan kanan (right handed) tangan kirinya berfungsi 60 % dibandingkan dengan tangan kanan dari waktu yang disediakan.Teknik pengetikan sistim 10 jari tetap memberikan beban lebih banyak pada tangan kanan. Tombol-tombol tuts pada baris tengah paling mudah dicapai oleh jari tangan kanan maupun kiri ternyata hanya ditekan 30 % dari waktu pengetikan, dengan demikian, jari-jari lebih sering melompat ke baris atas maupun ke baris bawah. Hal ini akan menimbulkan beban tersendiri pada pergelangan tangan.
Untuk pengetikan dalam bahasa Inggris yang banyak menggunakan huruf: a, e, h, i, l, n, o, r, s, t (10 huruf utama), ternyata, hanya empat buah huruf yang berada di baris tengah dan akan menambah beban kerja pada jari karena jari lebih sering melompat ke baris atas dan bawah. Selain itu, perintah-perintah tambahan pada keyboard sebagian besar terletak pada bagian kanan keyboard yang berarti akan menambah beban kerja pada tangan kanan. Dengan demikian, beban kerja pada jari tangan kanan dan tangan kiri belum bisa seimbang,. Hal inilah yang menyebabkan kelelahan atau nyeri otot.

Gambar 4.7 Susunan tuts keyboard QWERTY

b. Keyboard DVORAK

Keyboard ini dibuat pada tahun 1936. Keyboard Dvorak diciptakan berdasarkan prinsip kerja biomekanis dan efisiensi. Susunan letak tombol huruf dengan jenis QWERTY dibuat sedemikian rupa sehingga 56 % ketukan ada pada tangan kanan dan jari-jari yang lebih banyak bekerja adalah jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis. Huruf-huruf yang ada pada baris tengah lebih sering diketuk kira-kira sampai 70 % dan perpindahan antar baris hanya sekitar 10 % sehingga kelelahan jari-jari sangat banyak berkurang. Walaupun keyboard jenis DVORAK sudah lebih baik dari pada jenis QWERTY, akan tetapi karena dalam hal pemasarannya dengan jenis QWERTY lebih dulu dan kalaupun harus diganti dengan jenis DVORAK, kan perlu pelatihan baru dan juga berarti perlu biaya tambahan yang harus disangga oleh Perusahaan pembuat keyboard DVORAK. Kemungkinan untuk menggantikan keyboard yang sudah ada belum dapat dipastikan. Dengan demikian jenis lama (QWERTY) masih tetap digunakan. 

 
Susunan tuts keyboard DVORAK

c. Keyboard ABC

Keyboard yang susunannya menggunakan susunan alphabet,seperti yang ada digambar.Pendukung ABC keyboard bersikeras bahwa menggunakan keyboard abjad yang paling masuk akal bagi siapa pun yang mempelajari alfabet dan mulai membaca. Sekali seorang anak atau individu lain belajar membaca telah menguasai alfabet dan telah mulai menyusun kalimat dan membangun kosakata, layout keyboard tradisional dapat dipresentasikan, atau pengguna dapat terus menggunakan gaya ABC keyboard. Orang lain yang mendapatkan manfaat dari gaya ABC keyboard adalah mereka yang tidak pernah belajar untuk mengetik di keyboard tradisional, namun tetap ingin bisa menggunakan komputer. 
 
3
a. CRT monitor : Tabung sinar katoda, yang ditemukan oleh Karl Ferdinand Braun, merupakan sebuah tabung penampilan yang banyak digunakan.
-LCD monitor : dari singkatan liquid crystal display, merupakan panel data yang digunakan untuk menampiklkan informasi elektronik seperti teks, gambar, dan gambar bergerak.
-Plasma monitor : monitor layar data emisif dimana cahaya dihasilkan oleh phosphor yang tereksitansi oleh sebuah pelepasan muatan plasma antara dua layar datar gelas. Gas yang dilepas muatannya tidak mengandung merkuri. Campuran gas ini sulit bereaksi dan sama sekali tidak berbahaya.
-LED monitor : Monitor yang dibuat setelah pembuatan LCD, yang memiliki keunggulan untuk melihat detail halus dengan menghasilkan variasi warna yang luar biasa, kejernian dan kedalaman gambar untuk gambar-gambar yang paling gelap sekalipun akan ditampilkan dengan baik.
b. Dot matrix printer : printer yang memiliki cara print dengan cara kepala print bergerak naik turun atau kekanan- kekiri, yang bekerja hamper sama dengan mesin ketik. Dan biasanya hasil cetakan berbentuk titik-titik yang membentuk huruf atau yang lainnya.
-Inkjet printer : Jenis printer computer yang mereproduksi sebuah gambar digital dengan ukuran bervariasi mendorong tetesan cair atau bahan cair(tinta ke sebuah halaman.
-Thermal printer : printer yang menghasilkan gambar yang dicetak oleh pemanasan selektif thermochromic dilapisi kertas, atau kertas termal seperti umumnya dikenal, ketika melewati kertas termal print head.
-Laserjet printer : printer untuk computer yang menggunakan teknologi diode cahaya untuk mendapatkan pertikel-partikel kecil toner dari cartridge ke kertas. Alat ini sering lebih ekonomis disbanding menggunakan tinta pencetak tinta.
-Plotter : printer vector grafis untuk mencetak plot grafis, yang terhubung kekomputer. Biasanya digunakan untuk mencetak stiker mobil dan yang lain yang besar.
4.Ketika Yahoo Messenger saya Online




0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls